RAM Smartphone Terbaik dari NET89

RAM Smartphone Terbaik dari NET89 – Seperti layaknya sebuah desktop PC, dari sisi hardware, performa sebuah smartphone pun ditentukan oleh prosesor, GPU, serta RAM yang terdapat di dalamnya. Namun di antara tiga komponen tersebut, GPU dan prosesor merupakan kedua komponen yang paling diperhitungkan pada saat memilih sebuah smartphone. Padahal, kapasitas RAM juga tak kalah pentingnya. Pasalnya, tanpa kapasitas RAM yang memadai, proses input maupun output pada smartphone maupun tablet menjadi terhambat.

Hal tersebut terlihat pada saat perangkat tidak merespons ketika diberikan perintah dengan cara menyentuh layar. Sebelum data diproses oleh prosesor, RAM merupakan media penyimpanan sementara untuk data. Itu berarti, setelah data diinput, data tersebut akan masuk ke RAM terlebih dahulu untuk mengantri, kemudian baru diproses oleh prosesor. Dengan kata lain, RAM merupakan jembatan yang menghubungkan input dan prosesor. Lalu sebenarnya berapakah kapasitas RAM yang ideal untuk smartphone maupun tablet? Jawabannya adalah tergantung dari sistem operasi yang digunakannya serta aplikasi yang terinstall pada perangkat smartphone maupun tablet.

Sistem operasi yang mampu mengoptimalkan hardware dan aplikasi dapat membuat penggunaan RAM menjadi lebih efisien. Sementara semakin banyak aplikasi yang terinstall dan berjalan di background, semakin menguras sumber daya RAM yang ada. Tidak hanya itu, semakin kompleksnya data yang diproses, membuat kebutuhan kapasitas RAM pada smartphone maupun tablet pun menjadi semakin tinggi. Sebelum adanya smartphone, sebuah handphone hanya memproses data berupa teks dan sinyal yang ditransmisikan pada saat melakukan panggilan telepon.

Pada teknologi yang lebih lanjut, handphone pun dapat memproses data berupa gambar dan video. Namun pada awalnya, gambar dan video yang diproses pun memiliki resolusi yang sangat kecil. Data yang tidak terlalu besar membuat prosesor single core dengan RAM di bawah 128 MB pun masih sanggup untuk mengakomodir kebutuhan tersebut. Seiiring semakin tingginya resolusi gambar dan video, serta kebutuhan multimedia lainnya, handphone kini tidak hanya memproses data berupa teks, sinyal, gambar, serta video beresolusi kecil.

Sumber : https://net89.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *