Bantu Batita Mengembangkan Motoriknya Bag3

Menyeimbangkan badan di atas titian atau berjalan di pembatas taman adalah hal yang sangat mendebarkan, seperti halnya memanjat apa pun yang membuat mereka lebih tinggi. Anak-anak memang dilengkapi dengan dorongan alami untuk memanjat, yang bisa mengagetkan orangtua mereka. Karena itu, jangan heran apabila batita Mama tiba-tiba sudah berada di atas meja dapur dengan memanjat laci-laci dapur untuk memakan sesuatu. Yang terbaik adalah melakukan antisipasi dan awasi terus si kecil serta jauhkan ia dari situasi yang bisa membuatnya dalam bahaya.

Baca juga : Beasiswa d3 ke S1 Luar Negeri

Perlengkapan bermain yang mengombinasikan tangga dan perosotan serta titian untuk melatih keseimbangan, ditambah pasir lembut atau matras karet di bagian bawahnya, adalah tempat sempurna untuk anak batita yang sedang senang berlatih keseimbangan. Kita juga bisa memberikan mainan dengan beberapa anak tangga serta perosotan kecil di rumah. Atau, taruh beberapa bantal besar di tengah-tengah ruangan dan mintalah ia mendakinya sambil bernyanyi “Naik-naik ke Puncak Gunung”. Contoh lain, taruhlah beberapa selimut lembut di lantai ruang keluarga dan jejerkan beberapa balok kardus besar yang akan membuat ia tertantang sekaligus bersenang-senang.

Bariskan mereka secara lurus agar tampak seperti jembatan. Jika cuaca di luar sedang bersahabat dan anak tengah bersemangat, ajak ia meniti di atas pinggiran trotoar, dengan menawarkan tangan Mama sebagai tempat ia berpegangan. 5. BERLARI DAN MELOMPAT Si batita senang berlari dan melompat. Tapi melompat dengan kedua kaki sekaligus dan mendarat bersama adalah hal menyulitkan dan terkadang membuat batita frustrasi. Bantu anak dengan membolehkan ia melompat di atas kasur atau trampolin rendah sementara kita memegangi kedua tangannya.

Kita juga bisa menaruh beberapa bantal di lantai dan biarkan ia melompat ke bantal-bantal itu dari sesuatu yang rendah (misalnya sofa). Bola pantul yang besar dan kokoh serta dilengkapi pegangan membuat si kecil bisa memenuhi keinginannya untuk terbang sekaligus berlatih menjejakkan kedua kakinya dari tanah. Jika anak termasuk yang anteng, dorong ia untuk berlari dan melompat dengan mengombinasikan kedua hal tadi dengan sesuatu yang ia suka. Selain itu, Mama bisa mengajaknya bernyanyi lagu tentang lari dan lompat (Kelinciku kelinciku kau manis sekali, melompat kian kemari, sepanjang hari) sambil mempraktikkannya.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *